tanggung jawab pengawas k3 migas

Tanggung Jawab Pengawas K3 Migas

Pengawas K3 Migas adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan yang bergerak di bidang Migas (Minyak dan Gas) mematuhi semua peraturan dan standar keselamatan kerja yang berlaku. Tugas utama pengawas K3 Migas adalah memantau dan mengawasi aktivitas perusahaan di lapangan dan memberikan rekomendasi yang tepat untuk memperbaiki keamanan dan kesehatan kerja bagi pekerja dan lingkungan sekitar.

Apa Saja Tanggung Jawab Pengawas K3 Migas?

Pengawas K3 Migas memiliki tanggung jawab yang besar untuk memastikan keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja. Beberapa tanggung jawab utama meliputi:

  1. Memastikan bahwa perusahaan mengikuti semua peraturan dan standar keselamatan kerja yang berlaku.
  2. Melakukan inspeksi rutin di lapangan untuk memastikan bahwa semua peralatan dan fasilitas di lokasi kerja aman dan berfungsi dengan baik.
  3. Memberikan pelatihan keselamatan kerja dan panduan kepada karyawan tentang cara menghindari bahaya dan memperhatikan tanda-tanda bahaya di lingkungan kerja.
  4. Menilai risiko yang terkait dengan pekerjaan dan memberikan rekomendasi untuk meminimalkan risiko tersebut.
  5. Membuat laporan rutin tentang aktivitas di lapangan, risiko yang terkait dengan pekerjaan, dan rekomendasi untuk memperbaiki keamanan dan kesehatan kerja.
  6. Mengkoordinasikan dengan departemen terkait di perusahaan untuk memastikan bahwa tindakan yang diperlukan diambil untuk memperbaiki keselamatan dan kesehatan kerja.
  7. Mengikuti semua prosedur darurat dan memberikan bantuan darurat kepada pekerja jika diperlukan.
  8. Menyelidiki insiden atau kecelakaan kerja dan memberikan rekomendasi untuk mencegah terjadinya insiden serupa di masa depan.

Kualifikasi Pengawas K3 Migas

Pengawas K3 Migas harus memiliki kualifikasi dan pengalaman yang sesuai untuk memastikan bahwa mereka dapat melakukan tugas mereka dengan baik. Beberapa kualifikasi yang diperlukan untuk menjadi pengawas K3 Migas antara lain:

  1. Pendidikan minimal Diploma 3 atau S1 di bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja.
  2. Sertifikasi K3 Migas dari lembaga sertifikasi yang diakui oleh pemerintah.
  3. Memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun di bidang K3 Migas.
  4. Memahami peraturan dan standar keselamatan kerja yang berlaku di industri Migas.
  5. Mampu melakukan inspeksi rutin dan menilai risiko.
  6. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu bekerja sama dengan tim.

Baca Juga:

Kesimpulan

Pengawas K3 Migas memainkan peran penting dalam memastikan keselamatan dan kesehatan kerja di industri Migas. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan mematuhi semua peraturan dan standar keselamatan kerja yang berlaku, melakukan inspeksi rutin di lapangan, memberikan pelatihan keselamatan kerja, menilai risiko yang terkait dengan pekerjaan, membuat laporan rutin, dan menyelidiki insiden atau kecelakaan kerja.

Untuk menjadi pengawas K3 Migas, seseorang harus memiliki kualifikasi dan pengalaman yang sesuai, termasuk pendidikan minimal Diploma 3 atau S1 di bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja, sertifikasi K3 Migas, pengalaman kerja minimal 3 tahun di bidang K3 Migas, serta kemampuan komunikasi yang baik dan mampu bekerja sama dengan tim.

Dengan adanya pengawas K3 Migas yang berkualitas, diharapkan perusahaan Migas dapat beroperasi dengan aman dan memperhatikan keamanan dan kesehatan kerja bagi pekerja dan lingkungan sekitar. Hal ini juga akan membantu meningkatkan citra positif industri Migas di masyarakat.

HSE Prime sangat peduli agar terciptanya Keselamatan dan kesehatan kerja di industri Migas dengan mengadakan program Pelatihan Operator K3 Migas dan Pelatihan Pengawas K3 Migas yang bersertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), untuk informasi lebih lanjut klik disini.

Menu
× Butuh bantuan? klik disini!