Standar Isi Kotak P3K

 

Inilah Standar Kotak P3K Ditempat Kerja yang Perlu Dipersiapkan!

Standar Isi Kotak P3K di Tempat Kerja – Sebagian dari kita mungkin sudah dengan sadar mempersiapkan kotak P3K, namun apakah sudah yakin bahwa kotak P3K tersebut sudah memenuhi standar? Tentu saja, standar kotak P3K akan berbeda antara yang dipersiapkan di rumah dan kotak P3K yang dipersiapkan di tempat kerja. Di rumah, kita sendiri harus mempersiapkan dan mengelola isi dan keadaan kotak P3K. Sementara di tempat kerja yang paling berkewajiban adalah perusahaan. Ada aturan-aturan dan standar tersendiri.

Berdasarkan Permenaker No. PER.15/MEN/VIII/2008, standar isi kotak P3K adalah sebagai berikut:

  1. Kasa Steril
  2. Perban ( lebar 5 cm )
  3. Perban ( lebar 10 cm)
  4. Plester ( lebar 1.25 cm)
  5. Plester cepat
  6. Kapas
  7. Kain segitiga / mittela
  8. Gunting
  9. Peniti
  10. Sarung tangan sekali pakai
  11. Sarung tangan sekali pakai berpasangan
  12. Masker
  13. Pinset
  14. Lampu senter
  15. Gelas cuci mata
  16. Kantong plastik bersih
  17. Aquades (10 ml larutan saline)
  18. Povidon lodin (60ml)
  19. Alkohol 70%
  20. Buku Panduan P3K di tempat kerja
  21. Buku catatan dan daftar isi kotak P3K

Tertarik mengikuti pelatihan ini? Daftar segera dengan klik tombol berikut.

Masyarakat secara umum sangat mengenal kotak P3K, tetapi terkadang belum memahami isi kotak P3K yang ada di tempat kerja sehingga sering menambahkan obat yang ditelan seperti obat sakit kepala, obat sakit perut, obat maag dan lain-lain. Obat-obatan yang ditelan tersebut sangat tidak dianjurkan untuk dimasukkan ke dalam kotak P3K karena tergolong obat sedatif. Obat sedatif adalah obat-obat yang menciptakan ketenangan dan pengurangan rasa sakit, kecemasan, serta menyebabkan kantuk.

Baca Juga:

Demikian penjelasan singkat tentang standar isi kotak P3K. Semoga dapat memeberikan manfaat untuk kita semua.

Pembekalan informasi terkait pertolongan pertama pada kecelakaan kerja ini dapat dilakukan melalui pelatihan-pelatihan sederhana yang melibatkan seluruh karyawan agar setiap karyawan mampu melakukan penilaian terhadap prioritas yang harus dilakukannya saat menemukan kecelakaan kerja. HSE Prime sebagai penyedia solusi di bidang keselamatan dan kesehatan kerja mendukung setiap langkah perusahaan dalam menerapkan K3, baik melalui workshop, simulasi, pelatihan, penyusunan SOP, maupun pendampingan konsultasi.

Source: mediak3.com

Menu
× Butuh bantuan? klik disini!