Perbedaan Incident Near Miss dan Accident

Perbedaan Istilah Incident, Near Miss, dan Accident Dalam Situasi Kecelakaan Kerja

Perbedaan Incident, Near Miss dan Accident – Dalam lingkungan kerja akan selalu ada kemungkinan atau pun kejadian kecelakaan kerja, sebagai pekerja dan pihak management Perusahaan penting bagi kita untuk mengetahui istilah-istilah dalam situasi kecelakaan kerja. Pada artikel ini akan kita bahas mengenai istilah yang ada pada kecelakaan kerja dan juga perbedaannya, simak terus sampai selesai ya!

Memahami Tentang Unsafe Condition

Unsafe condition, atau kondisi tidak aman, merujuk pada keadaan atau situasi di lingkungan kerja atau di tempat umum yang memiliki potensi bahaya atau risiko bagi keamanan dan kesehatan manusia. Kondisi tidak aman bisa melibatkan berbagai hal, termasuk tetapi tidak terbatas pada keadaan fisik, peralatan yang rusak, lingkungan yang tidak teratur, atau tata letak yang buruk. Unsafe condition merupakan penyebab awal dari terjadinya incident, near miss, dan accident.

Contoh dari kondisi tidak aman di tempat kerja melibatkan kebocoran gas beracun, kabel listrik terkelupas, lantai licin tanpa tanda peringatan, atau peralatan yang tidak terjaga dengan baik. Dalam konteks ini, mengidentifikasi dan mengatasi kondisi tidak aman sangat penting untuk mencegah kecelakaan dan cedera yang dapat terjadi akibat situasi tersebut.

Apa itu Incident?

Incident, atau insiden, adalah suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak terduga. Dalam konteks umum, incident merujuk pada suatu kejadian yang melibatkan situasi darurat atau keadaan yang memerlukan tindakan atau perhatian khusus. Contohnya termasuk kecelakaan lalu lintas, kebakaran kecil, atau pemadaman listrik mendadak.

Dalam lingkungan kerja, incident merujuk pada kejadian yang terjadi di tempat kerja dan memerlukan respons cepat. Meskipun tidak selalu berakhir dengan kerugian besar, incidents memerlukan penanganan yang hati-hati untuk mencegah situasi tersebut menjadi lebih buruk. Terkadang, incidents juga dapat menjadi tanda atau indikator dari kondisi yang tidak aman di lingkungan kerja, yang perlu ditinjau dan diperbaiki untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.

Apa itu Near Miss?

Near miss, atau hampir kecelakaan, adalah suatu situasi di mana suatu peristiwa berbahaya hampir terjadi, tetapi untungnya berhasil dihindari tanpa menyebabkan kerusakan atau cedera yang serius. Dalam konteks kecelakaan atau situasi berpotensi berbahaya, near miss adalah momen ketika suatu kejadian hampir mengakibatkan kecelakaan, tetapi akhirnya dihentikan atau dielakkan dalam waktu yang singkat.

Contoh near miss melibatkan hampir bertabrakan antara dua kendaraan di jalan raya, tetapi pengemudi berhasil mengambil tindakan pencegahan yang cepat untuk menghindari tabrakan. Meskipun tidak ada kerusakan atau cedera yang terjadi, near miss seperti itu harus dianggap serius karena mereka memberikan peringatan bahwa ada potensi bahaya dan memerlukan tindakan untuk mencegah kejadian sebenarnya di masa depan. Near miss memberikan kesempatan untuk belajar dari situasi tersebut dan mengambil langkah-langkah preventif agar tidak terjadi kecelakaan yang sebenarnya.

Apa itu Accident?

Accident atau kecelakaan, merujuk pada suatu kejadian tak terduga yang menyebabkan kerugian fisik atau materi. Biasanya, accident terjadi tanpa disengaja dan dapat membahayakan nyawa manusia atau merusak properti. Dalam konteks keamanan industri atau pekerjaan, accident bisa melibatkan mesin, peralatan, atau bahkan manusia.

Kecelakaan dapat melibatkan kendaraan, peralatan, atau manusia, dan sering kali mengakibatkan cedera atau kerusakan. Kecelakaan bisa terjadi karena berbagai faktor, termasuk kelalaian, ketidakhati-hatian, kondisi cuaca buruk, atau kegagalan peralatan. Penting untuk meningkatkan kesadaran akan faktor-faktor penyebab kecelakaan dan mengambil langkah-langkah preventif untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Keamanan dan kewaspadaan dalam melakukan aktivitas sehari-hari adalah kunci untuk mencegah kecelakaan.

Menu
× Butuh bantuan? klik disini!