Safety Book Karya Soehatman Ramli: Pedoman Wajib Bagi Para Praktisi, Mahasiswa dan Fresh Graduate K3.

Buku-buku ini sangat cocok untuk Anda yang sedang dalam masa work from home untuk tetap menambah pengetahuan keselamatan dan kesehatan kerja. 

Berikut list buku-buku K3 orisinil karya Soehatman Ramli yang patut di jadikan sumber bacaan Anda:

1. SMART SAFETY “SMK3 Berbasis Perilaku” – Seri 5

Penulis            : Soehatman Ramli
Penerbit          : Dian Rakyat
Tahun Terbit   : 2013

Deskripsi        : Buku yang terdiri dari 9 bab dan 336 halaman ini merupakan seri ke 5 yang pada dasarnya hampir sama dengan seri 1 tentang OHSAS 18001, namun lebih spesifik membahas mengenai SMK3 yang diterapkan pemerintah dalam PP No. 50 tahun 2012 sebagai suatu panduan hukum nasional. Buku ini menjabarkan secara rinci pendekatan praktis mengikuti alur Sistem Manajemen K3 mulai dari penetapan komitmen, perencanaan, penerapan, pemantauan dan pengukuran hingga tinjauan manajemen yang tentunya disajikan berdasarkan pengalaman penulis dalam menerapkan K3 di berbagai perusahaan.

2. Manajemen Risiko dalam Perpektif K3 OHS Risk Management

Penulis : Soehatman Ramli
Penerbit : Prosafe Institute
Tahun Terbit : 2018

Deskripsi : Merupakan revisi dari yang buku seri 2 sebelumnya. Kabar baiknya, di dalam buku yang berjumlah 301 halaman ini terdapat penambahan tentang aplikasi manajemen risiko seperti FERA (Fire Risk Assessment), Analisa Risiko Bencana, Analisa Risiko Jalur Pipa, dll. Juga terdapat penambahan penjelasan tools seperti Bow-tie, LOPA, dll.

Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang manajemen risiko holistik untuk memudahkan pemahaman apa yang seharusnya dilakukan oleh ahli K3 (menentukan issue dan pengendalian). Di sisi lainnya, buku ini memiliki kekurangan seperti kesalahan penulisan (typo) di beberapa kata seperti “sebelulumnya” seharusnya “sebelumnya”. Namun, tidak mengurangi esensi dari buku tersebut.

Menu
× Butuh bantuan? klik disini!