Apa Itu Safety Talk?

Infrastruture Health and Safety Association (IHSA) Kanada mendefinisikan “Safety Talk” sebagai sebuah cara untuk mengingatkan pekerja bahwa keselamatan dan kesehatan kerja sangat penting dalam pekerjaan. Setiap pembicaraan mengambil waktu 5 menit dan membantu pekerja untuk mengenali dan mengendalikan bahaya di proyek. Health and Safety Executive Inggris mendefinisikan “Toolbox Talk” sebagai presentasi singkat kepada tenaga kerja terkait 1 aspek dalam keselamatan dan kesehatan kerja.

Cara Melakukan Safety Talk yang Efektif

Dalam melakukan pembicaraan K3 di awal pekerjaan, ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar para pekerja dapat menangkap pesan yang diberikan secara efektif:

  • Lakukanlah sesuai dengan situasi dan kondisi. Sesuaikan tema yang dipilih dengan bahaya di pekerjaan dan karakter dari pekerja. Kita juga bisa memilih tema sesuai dengan situasi yang terkini misalnya baru saja ada kecelakaan jatuh dari ketinggian, tentunya kita lebih baik mengingatkan tentang bahaya jatuh dari ketinggian
  • Lakukan dengan singkat. Menurut health and safety executive, kebanyakan orang hanya bisa menangkap 25% – 50% dari pembicaraan kita. Bila perlu, bahkan kita bisa menyiapkan kartu untuk pekerja bawa agar dapat mengingat kembali apa yang dibicarakan.
  • Tetap positif. Bawa situasi dengan positif, jangan dilakukan dengan penuh ketegangan. Hargai dan terbuka terhadap masukan yang diberikan oleh pekerja. Fokuslah kepada bagaimana cara membuat tempat kerja aman dan bukan terhadap apa yang bisa membuat kita celaka.
  • Sampaikan cerita bukan statistik. Angka-angka kecelakaan kerja memang sebuah statistik, namun pekerja tidak mengingat statistik, mereka mengingat cerita. Sampaikan cerita yang bisa mereka ambil pelajaran dan mereka akan mengingat itu dalam pekerjaan mereka sehari-hari.
  • Umpan balik yang baik. Jangan jadikan pembicaraan Anda sebagai pembicaraan 1 arah, buka kesempatan dan hargai jika ada diskusi. Anda juga bisa memeriksa tingkat kepahaman para pekerja dengan memberikan pertanyaan terbuka karena pekerja akan cenderung menjawab “ya” jika diberikan pertanyaan “Apakah Bapak-bapak paham?”, berikanlah pertanyaan terbuka seperti “Apa yang Bapak paham tentang materi ini?”

Materi Safety talk

Berikut contoh materi Safety Talk yang berbentuk pdf dan bisa Anda unduh melalui tombol di bawah. Materinya sangat singkat dan Anda bisa mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan.

Sumber: hsepedia.com

Menu
× Butuh bantuan? klik disini!