keselamatan kerja di kantor

9 Tips Keselamatan Kerja di Area Kantor

Bila kita bandingkan dengan ruang kerja industri, kelihatannya ruang kerja kantor terlihat seperti tempat yang paling aman untuk bekerja. Walau demikian nyatanya di kantor pun banyak terjadi kecelakaan yang serius. Biasanya tergelincir dan jatuh adalah salah satu penyebabnya yang paling umum dari kecelakaan di ruang kerja. Keselamatan kerja di kantor pun harus di perhatikan, tetapi apa saja yang bisa mendukung keselamatan kerja di kantor.

Berikut ini akan membahas beberapa tips keselamatan kerja di kantor:

  1. Cermatilah penghambat yang bisa menyebabkan pekerja tersandung, semisal kabel. Usahakan kabel yang ada tidak ditempatkan di ruang yang sering dilalui, bila perlu dimasukan dalam pipa untuk kabel atau di buat lebih panjang untuk memutar sampai melekat tembok
  2. Taruhlah Barang – barang pribadi ditempat khusus, dimana akan tidak ada yang menimpa seorang atau karyawan. Hal ini dapat menghindar hal – hal yg tidak dikehendaki seperti kehilangan atau rusak yg tidak disengaja.
  3. Bersihkanlah tumpahan semisal kopi maupun air dengan cara yang benar. Jika ruang tumpahan tadi tidak dapat dibersihkan secepatnya, maka berilah peringatan pada karyawan untuk tidak melalui ruang tersebut. Lantai yang basah dan belum dibersihkan pun harus diblokir dan ditandai dengan sign peringatan.
  4. Bila isi lemari file jangan sampai isi dari bawah ke atas. Isilah dari atas terlebih dulu, sebab lemari tidak seimbang dan akan terjatuh menimpa karyawan, kecelakaan itu telah pernah terjadi dan diberitakan.
  5. Pergunakanlah tehnik mengangkat yang aman, bila tidak dilakukan dengan aman dapat mengakibatkan cedera pada punggung. Ketika akan mengambil barang yang berat, manfaatkanlah kemampuan kaki, bukanlah kemampuan punggung ketika mengangkatnya.
  6. Alat-alat tajam semisal gunting, pisau kertas, dan alat tajam yang lain diletakkan terpisah untuk menghindari terjadinya luka sayat maupun luka tusukan.
  7. Hati-hatilah pada bahaya listrik yang dapat menyebabkan kebakaran. Periksalah setiap kabel. Perbaiki bila terdapat kabel yang rusak maupun sobek, perbaikan listrik harus dilakukan hanya oleh seseorang teknisi listrik atau ahli k3 kelistrikan.
  8. Jangan sampai membebani sirkuit listrik. Terkadang dengan adanya banyak gadget yang selalu menggunakan energi (baterai), bikin kita ketergantungan dengan sirkuit listrik dan yang parahnya lagi kita tidak mengkalkulasikan berapakah daya maksimum yang didapatkan pada suatu sirkuit listrik.
  9. Janganlah memakai perancah darurat semisal kursi kerja yang ditempatkan diatas meja pada saat akan mencapai suatu hal yang berada diatas kepala yang sulit dijangkau atau dicapai. Manfaatkanlah tangga agar lebih aman.

Sumber : kompasiana.com

Menu
× Butuh bantuan? klik disini!