11 Tips Penting Agar Safety Meeting disukai Karyawan Anda

Melakukan safety meeting secara rutin adalah komponen kunci dari setiap program keselamatan kerja yang terorganisir. Seperti yang kebanyakan Anda bisa buktikan, membuat orang mau memperhatikan atau berpartisipasi bukanlah hal yang mudah.

Kadang Anda harus kembali ke dasar untuk benar-benar menemukan mengapa partisipasi dalam meeting Anda kurang. Berikut 11 Tips untuk membuat safety meeting Anda lebih menarik :

1. Persiapan sebelum Safety Meeting. Anda dapat tetap up-to-date tentang isu-isu seputar keselamatan kerja dengan terus membaca berita mengenai K3 kemudian membahasnya dengan ahli K3. Alat bantu visual seperti rekaman video juga dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam berbicara. Pastikan Anda melihat setiap rekaman video atau slide yang akan Anda gunakan, dan periksa apakah video player atau proyektor bekerja dengan baik.

2. Mulai dan akhiri rapat tepat waktu. Jika Anda berjanji untuk melakukan rapat dengan singkat, maka lakukanlah.

3. Amati aturan FTTS. Fokus pada Tujuan dan Tetap Sederhana. Berikan penjelasan hanya pada poin-poin kunci. Jangan membuat bosan peserta dengan memberi penjelasan secara menyeluruh dalam satu sesi. Dalam hal ini, kurang berarti lebih!

4. Tetapkan agenda Anda. Jadilah cukup fleksibel untuk menanggapi respons dari para peserta, tapi pastikan untuk tidak lepas dari topik. Kontrol setiap pertemuan – jangan biarkan berubah menjadi jam sosial atau sesi jual beli.

5. Buatlah Peserta Bertanya. Ingatkan peserta bahwa tidak ada pertanyaan yang bodoh. Semua orang belajar ketika seseorang mengajukan pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan ini juga akan membuat Anda tahu apakah peserta memperhatikan Anda atau tidak.

6. Anda tidak harus memiliki semua jawaban. Jika Anda tidak tahu, mungkin Anda dapat merujuk pertanyaan kepada pekerja lain yang berpengalaman dalam kelompok. Atau berjanji untuk mencari tahu hal terkait dalam masalah tersebut dan melaporkan kembali pada safety talk berikutnya.

Menu
× Butuh bantuan? klik disini!